Selasa, 15 Desember 2015

Jujur Cerminan Kepribadian

Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya, tidak menambah-nambahkan ataupun tidak mengurang-ngurangiapa yang ingin disampaikan. Sifat jujur ini sangatlah bernilai tinggi dalam kehidupan manusia.
Karena jujur merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang dan dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang.

Kejujuran adalah bekal bagi kita untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. kejujuran ini sangat dibutuhkan pada saat kita bekerja, kita harus mendapatkan kepercayaan atau dipercaya oleh atasan agar kinerja kita dimudahkan . Jika kita tidak mendapatkan kepercayaan dari atasan maka kemungkinan akan akan ada proses yang terhambat. orang yang jujur kehidupannya akan tenang, tidak ada bayang-bayang rasa gelisah atas kebohongan yang dilakukan.

Jujur memang suatu kegiatan yang kelihatannya mudah namun sulit untuk diaplikasikan. tetapi sebenarnya jika kita memiliki iman dan ketakwaan yang kuat kepada Tuhan, maka tidak akan sulit untuk menjadi orang yang jujur. berperilaku jujur tidak akan merugikan kitajustru banyak hal yang dapat kita ambil dari kejujuran. Manfaat berperilaku jujur antara lain: mendapat kepercayaan dari banyak orang, disenangi orang banyak, hidup menjadi tenang, mudah mendapat pekerjaan, dan lain-lain.

Dan saya selalu berusaha membiasakan diri saya untuk berperilaku jujur, walaupun terkadang masih saja khilaf. Saya pernah berbohong ketika saya ingin bermain, saya izin kepada orang tua untuk mengerjakan tugas, tetapi memang niatnya sebenarnya ingin mengerjakan tugas akan tetapi malah jadi lebih banyak main. Saya pernah menyontek itulah salah satu bentuk kebohongan yang tidak tersadarkan. Tetapi saat ini saya mencoba menghapus itu dan mencoba memperbaiki diri saya. saya membiasakan diri saya untuk tidak mencontek, jika memang saya kesulitan untuk memahami saya akan minta ajarkan teman saya.

Selalu bersikap jujur memang penting sekali dan jujur adalah salah satu jalan atau cara menuju pintu gerbang kesuksesan, Budayakan sikap jujur dan biasakan untuk selalu jujur walaupun terkadang jujur itu pahit.

Terimakasih sudah membaca postingan ini, Semoga bermanfaat:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar