Senin, 21 Desember 2015

ADAPTASI MANUSIA dengan LINGKUNGAN

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu pasti akan berhubungan dengan lingkungan sekitar. Kenyataan tersebut mengharuskan kita harus beradaptasi dengan baik agar dapat diterima di lingkungan tempat kita berada, di manapun itu, baik lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan kerja. Bagi beberapa orang, beradaptasi bukanlah hal yang mudah, khususnya di lingkungan yang baru, misalnya ketika berpindah rumah atau pindah kerja. Jika beradaptasi menjadi masalah buat anda, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda beradaptasi di lingkungan baru anda dengan mudah.



Manusia dan lingkungannya
Manusia adalah satu-satunya mahluk hidup di bumi yang memiliki akal budi dan pikiran yang dapat digunakan dalam berpikir di kehidupan sehari-hari. Karena akal pikiran itulah, Manusia juga akhirnya menjadi mahluk yang bersosial dan hidup menyebar di berbagai tempat di bumi dengan berbagai kondisi alam dan tantangan hidupnya masing-masing.Semua daerah tempat manusia hidup memiliki tantangan hidup masing-masing yang  menuntut kemampuan adaptasi manusia  untuk bertahan hidup.manusia menggunakan 4 hal dari diri mereka sendiri, yaitu:
  1. akal pikiran
  2. perasaan/emosi
  3. Jasmani
  4. komunikasi

1.         Bersikap Ramah.
Jangan terlalu berekspektasi bahwa lingkungan yang baru nanti akan welcome terhadap anda, tapi justru mulai dari diri untuk bisa bersikap welcome terhadap orang-orang baru disekitar lingkungan nanti, dengan mencoba ramah, senyum, saling sapa maka itu akan mencairkan suasana kaku yang akan di alami diawal-awal, dengan tujuan proses pengenalan diri dan memberikan efek senang pada orang sekitar akan kehadiran anda.
2.         Kenali Adat dan Budaya.
Proses kedua yang sangat penting ialah pengenalan akan budaya dan adat yang pastinya akan baru, terutama kita hidup di Indonesia yang merupakan negara Multicultural, jangankan berbeda suku bangsa di dalam suku bangsa pun tiap daerahnya pasti memiliki kebiasaan atau adat yang berbeda, maka dari itu coba kenali dan sesuaikan diri anda pada adat dan budaya baru disekitar sana, seperti peribahasa "dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak" jadi anda harus mengikuti adat istiadat dimana tempat anda berada,

3.         Fleksibel.
Orang yang fleksibel sangatlah mudah untuk beradaptasi, maksud fleksibel adalah mampu menjadi peran yang tepat disaat dan tempat yang berbeda, biasakan dengan adanya perbedaan seperti lingkungan kantor yang lebih individual akan sangat berbeda dengan lingkungan rumah yang masih sangat bertoleransi, maka  fleksibel-lah.
4.         Rasa ingin tahu.
Coba terus ketahui hal baru dilingkungan anda, jangan pernah malu untuk bertanya jika memang anda masih awam terhadap sesuatu, jangan bersikap tertutup dan terus ketahui dan pelajari lingkungan sekitar anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar